Very very very Super Duper Speed Best Modeling Tool






Baca judulnya aja udah ngeri. Kira-kira tool seperti apa Wrap It ini teh yah. Digambar aja udah terlihat kecanggihan script ini. Akan ane jelaskan sedikit. Sedikit panjang lebay, dan sedikit bertele-tele, & agak ngacapruk sedikit.
Warning. untuk pemula sangat sangat dilarang untuk menggunakan tekhnik ini, karena apa?
karena tool ini dapat membuat anda menjadi ketagihan atau adiktif. dan membuat anda menjadi malas Belajar. Jangan jd pemalas. Disarankan buat pemula belajar dari dasar dulu. karena dasar itu sangatlah penting dalam pembelajaran apapun. teknhnik ini hanya untuk professional yang membutuhkan proses kerja yang cepat hehehe.

Di dalam pembuatan model 3D Mobil / karakter biasanya kalo untuk membuat model itu pertama kita harus punya blueprint kemudian kita membuat model yg kita inginkan dengan mengikuti bentuk blueprint tsb dengan cara menyusun & menggeser-geser plane satu persatu. Cara tsb memang masih sering digunakan oleh para profesional untuk membuat sebuah model.

Ane pun mencoba memodel
dengan menggunakan blueprint. Dimulai dengan membuat model mobil. untuk membuat model mobil ini sangatlah mudah karena semua sisinya sudah lengkap. Mulai dari top left back front biasanya seperti itu. Lain halnya dengan memodel karakter, biasanya kalo kita sercing di google utk model karakter terdiri dari front & left biasanya. Kadang2 ada juga bagian back nya tp sangat jarang sekali ditemukan. nah karena kekurangan posisi itu kadang membuat kita jadi bingung. Sehingga kita terpaksa menggunakan feeling atau improvisasi untuk membentuk baik itu kepala badan dsb tentunya dengan melihat beberapa gambar dari beberapa sudut di mbah google sebagai referensi. Itu kalo untuk anda yg kurang bisa membuat gambar / sketsa dengan manual. Tapi Kalo menggambar manual udah jago, 3D nya ga usah ditanya lagi pasti jago and membuat blueprint apapun bukanlah menjadi sebuah masalah. Nah kalo posisi ane disini termasuk biasa- biasa aja ga terlalu Jago.
Untuk membuat model 3Dimensi itu ternyata ada banyak cara. Seperti pepatah orang garut bilang banyak jalan menuju garut. yg pertama bisa via tasik yg ke2 bisa via nagrek hhe.
1. Yang pertama dan paling mendasar menggunakan blueprint.
2. Yang kedua nah ini nih yg mantep. yaitu dengan menggunakan model yang sudah jadi. lebih mudah dari blueprint karena bentuk nya sudah jelas & presisi. Disarankan untuk mencari model orang yang sixpeck & botak & tanpa busana, karna demi mendapatkan detail tubuh yg keren. Dalam pemodelan game /movie pun utk model human awalnya dimulai dari model kepala botak karna untuk membuat rambut realistic tentu saja ada plugins tersendiri. Dan untuk membuat pakaian bisa menggunakan Marvelous Designer. Kadang ketika kita belajar 3Dmax muncul berbagai keinginan untuk membuat karakter 3D yang kita inginkan misal final fantasy, god of war, transformers @@. tp bingung nyari blueprint nya coz nyari ga ketemu2. Tp ada cara dimana kita bisa mendapatkan model-model tsb secara gratiss. Gratisss nyang boneng gan berarti ga usah cape2 bikin model ampe mata Puyeng & kepala botak ampe berhari2 berminggu2 berbulan2. Tapi tetap aja dibalik kata gratiss itu selalu ada kejutan. Kejutannya apa, ane akan jelaskan dengan menggunakan aplikasi sotoshop. Tentunya dlm model 3D itu terdiri dari berbagai layer spt photoshop. Mulai dari badan, pakaian, texture, armor dsb. hanya saja untuk file model yg kita donlot secara gratiss ini sudah istilahnya kalo di photoshop sudah di flatten image, sehingga
Kita tidak bisa memodifikasi model sesuai dengan yg kita inginkan. Dan masih ada 1 masalah vital lagi. Bentuk topology nya pun sudah berbentuk highpoly & tringular. Sehingga makin sulit untuk dimodifikasi TT. Tapi jangan bersedih dulu kan masih banyak jalan menuju garut. Ada banyak cara untuk mengatasi hal ini. Misal kita ingin merubah topology yg berbentuk segitiga menjadi kotak bisa menggunakan scrip quadtriangulate. & untuk merubah highpoly menjadi lowpoly pun ada pluginsnya. Jaman sekarang kalo kerja tanpa plugin itu bagai sayur tanpa garam hambar. Sebenarnya masih banyak plugins yg 
Untuk memudahkan dalam pembuatan model dll. Para developer bekerjasama dengan modelers / artworker utk trs mengembangkan aplikasi untuk memudahkan proses pekerjaan para artworker. Setelah kita selesai membuat model manusia. Setelah itu kita simpan. Karena dari 1 model ini kita bisa membuat ratusan karakter yang kita inginkan dengan lebih cepat & menghemat waktu tentunya.
Tapi dengan menggunakan plugins wrap it kita ga usah ribet2 & lama2 buat model yg kita inginkan. Cukup dengan mendownload model yg kita inginkan disitus TF3DM.COM. Buka dengan 3D Max run wrapit and taraaaaaa waktunya meretopology ulang model yg kita inginkan. kita benar bisa mengeksplorasi & memodifikasi bentuk yg kita inginkan & yang paling penting low poly 100% akurat. Pantas saja dulu juga ane pernah liat kakak ane donlot karakter disini juga sebagai referensi. Dan ternyata rahasia kerja cepat retopology nya dengan wrap it plugins. Edit: kakak ane juga ternyata baru tau kekuatan dari script ini Hehe.
3. Pemodelan yang ketiga ini hanya dimiliki & digunakan oleh perusahaan film & animasi ternama diluar negri, yaitu dengan metode scanner. Misal kita ingin membuat gedung atau manusia kita hanya tinggal menscan dari atas kebawah & voila jadilah bentuk 3D yg kita inginkan Dlm waktu beberapa detik. Sial canggih amat itu alat. Seandainya scanner astra a4 ane bisa dituker sama scanner itu pasti mantap TT.

Best Plugins Collection http://makeitcg.com/3ds-max-plugins/2254/
XNALara SCRIPT Good http://www.tombraiderforums.com/showthread.php?t=181251
Omega Games Model Collections http://xnalara-customized.deviantart.com/gallery/

Tidak ada komentar:

© 2013. All Rights Reserved. Design by Marga Begundall