Tutorial Vray Penting

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat "Photo Realistic" dengan 3DS Max tentunya dengan plugn-in V-Ray.
Jika Pembaca mengikuti cara cara dibawah ini, saya yakin, pasti langsung bisa menerapkannya
OK, kita mulai saja TUTORIAL ini.
1. Setting V-Ray
Frame buffer diaktifkan
Global switches tidak usah di rubah
Image sampler gunakan Adaptive DMC, dan Antialiasing nya Mitchell-Netravali
- Color mapping gunakan Reinhard, gunakan Gamma 2.2 dan check Clamp output dan Sub-pixel mapping
GI (Global illumination) aktifkan dan gunakan Primary bounce nya irradiance map. Untuk Secondary bouncesnya gunakan light cache
-Irradiance map present: Low, dan check show calc. phase
-Light cache subdivs: 500 saja (biar tidak terlalu berat) check lagi show calc. phase
-Setting, atur saja Uncheck Vray log dan ubah render region jadi 32 atau 16. (default 64)
2. Setting Enviroment [Pengaturan Cahaya]
Masuk pengaturan environment dengan menekan '8' pada keyboard
-Environment map, pilih saja 'VRayHDRI' dan klik OK
-Setelah itu buka material editor dengan menekan tumbol 'M' pada keyboard  jangan tutup Environment nya ya..?
-Lalu drag Environment mapnya ke salah satu slot material, pilih instane
-Pilih Bitmap nya, bisa menggunakan HRD image, bisa Jpg dan ok untuk mengakhiri perintah
-Mapping type silahkan di ubah sesuai selera agar gambar yang sudah di pilih tidak terlihat aneh
-Setelah ini buka pengaturan render dengan menekan 'F10'
-Arahkan ke VRay:Environment dan check GI (skaylight) dan Reflection/Refaction
-Lalu dari Window Material, Drag and Drop Material VRayHDRI ke GI (Skylight) dan  Reflection/Refaction
========================================================================
OK.... Pengaturan render di sini sudah ok.
Silahkan buat Vray Physical Camera, dan render file anda.
NOTE: Jika hasil render terlalu gelap, ikuti cara di bawah ini ya..
3. EXTRA Pengaturan VrayHDRImage
-Processing , di Overall mult dan Render mult coba di naikan jadi 10 (Default 1)
========================================================================
Untuk sekarang hasil render sudah terlihat lebih berbentuk tapi masalahnya adalah
TIDAK ADA BAYANGAN....!!
Tidak usah susah susah,silahkan ikuti langkah di bawah ini
4. Pengaturan Cahaya
-Pilih VrayLight dan KLIK 1 x (Tidak usah di geser , cukup 1 KLIK saja) di tempatkan sebagai matahari alias di atas ya,,
-Masuk ke Modify karena kita akan mengatur parameter dari VRayLight yang telah kira buat tadi
-Type : Sphere
-Mode: Color silahkan saja pilih cahaya yang anda sukai, mau dayligh atau afternoon
-Check No decay ya, biar lebih strong untuk menimbulkan bayangan
-Silahkan ubah radius jadi 100cm / 1m atau sesuai selera anda. semakin kecil radiusnya maka bayangan semakin gelap
===========================================================
OK silahkan render lagi file anda.
Kalau kurang sempurna silahkan di ubah ubah sendiri di parameter lightnya yang kita jadikan matahari. atau di pengaturan vray physical cameranya
===========================================================

Tidak ada komentar:

© 2013. All Rights Reserved. Design by Marga Begundall